kunci sukses dalam bisnis pertanian adalah...

asalamualaikum wr wb,halo halo hai hai....jumpa lagi...jumpa lagi dengan lely di sini kakak he he he.. mencoba sok imut memanggil panggilan kakak pada pembaca, padahal saya lebih senior he he he jangan bilang tua yah nanti leli nggak suka .. okehh sobat tani...kali ini saya mau cerita tentang semangka...jadi gini...seminggu yg lalu sepaha saya...eh sepupu saya maksud saya panen semangka jenis black orange nahh...kok ndilalah pas saya ke kebun...secara saya ke kebunnya nggak tiap hari...rumah dan kebun saya berjarak 40 km sodara2...nahhh pas saya di kebun,terdengarlah kabar bahwa sepupu panen semangka ... tetiba insting gretongan saya muncul...wah mayan nih dapat semangka gratisan he he he...maka saya langsung menyambangi kebun semangka sepupu saya...pas di jalan ada motor dari belakang ngebut nyalip motor saya...wusss wuss woii...ehhh mas...ternyata orang yg menyalip itu suami sepupu saya...arep ning endi...(mau kemana) katanya...arep ning ngonamu njaluk semongko (mau ke tempatmu minta semangka) kata saya...yo ayo kata mas saya lagi...singkat cerita saya sudah ada di kebun sepupu saya mak benduduk byarrr...panen semangkanya dapat 1 truk (10 ton) yg super udah naik ke truk,yg di bawah yg kecil2 masih satu tumpuk, mbak njaluk semangka sek pecah (mbak minta semangka yg pecah yg nggak laku di jual) kata saya...iki wae lo nyoh tak kei (ini aja lo ini saya kasih yg bagus) saya di kasih 6 biji black orange,alhamdulilahhh...kaber piro tanya saya ? (berapa duit ?) rasah mbayar sesuk nek lebaran kasihke sama ponakanmu wae ( ndak usah mbayar,nanti klo lebaran kasihkan sama anak saya aja )kata sepupu saya. singkat cerita...saya nguping pembicaraan bakul dan sepupu saya...iki rasah di timbang yo caruk 4,2 ton wae..."sebagian teks hilang" (ini ndak usah di timbang ya yg di bawah saya hitung 4,2 ton x 3000 = 12,6 jt yg di truk 10 ton x 3000= 30 jt total 42 juta) wuihhh...saya yg pendengar ikut bersyukur atas panen sepupu saya itu nahhh dari cerita di atas dan pengalaman saya selama 5 th bertani,mengalami pasang suruh dalam bertani,ada kunci keberhasilan dalam bertani yg tidak semua tau yaitu jreng jreng jreng..... 1.cuaca harus pas,jika panas pilihlah tanaman yg kira2 laku misal semangka,melon, 2.pengolahan tanah yg baik,jika lahan sudah baik mau di tanami apa aja Insya Allah bisa bagus 3.penyesuaian harga pasar dan jenis tanaman...belum tanam survey harga pasar terlebih dahulu,jika harga di pasar murah harap sabar dahulu tunggu beberapa minggu untuk sayuran sampe harga agak naik sedikit baru tanam, untuk tanaman yg jangka hidupnya agak panjang plus minus 60 hari ,semangka,melon (plus minus 60) cabe, tunggu sampe harga agak membaik mungkin bisa sebulan lebih 4. untuk melon dan semangka yg di tanam di sawah bekas padi,tanamlah di beberapa lokasi jangan bernafsu namam banyak di satu lokasi,sehingga jika terjadi hujan mendadak ndak semua panen rusak 5. untuk melon dan semangka ada baiknya di buat tanggul/ditinggikan mengantisipasi jika terjadi hujan mendadak, nahhhh mungkin sekian dulu infoh dari saya meskipun masih banyak faktor2 lain yg bisa di jadikan pertimbangan untuk memperoleh untung di dunia pertanian, kurang lebihnya saya mohon maaf,mudah2an bermanfaat joss gandul menul menul salam tani,aku bangga dan sejahtera jadi petani joss gandul menul menul wasalamualaikum cacao...

Komentar

Entri Populer

LUAR BIASA SOB... inilah SOLUSI tepat mengatasi harga murah pada cabe

Misteri di balik harga-harga komodity pertanian murah akhir2 ini adalah...dan solusinya adalah...

WOWW..... uniknya cabe pelangi ini...